BREAKING NEWS

Kamis, 15 September 2016

CONTOH PENULISAN BAB 1(SATU) LAPORAN KERJA PRAKTEK ATAU SKRIPSI E-COMMERCE JURUSAN SISTEM INFORMASI

 
CONTOH PENULISAN BAB 1(SATU) LAPORAN KERJA PRAKTEK ATAU SKRIPSI E-COMMERCE JURUSAN SISTEM INFORMASI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan yang pesat di bidang Teknologi Informasi memberikan pengaruh yang sangat besar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Pengaruh yang paling nyata terlihat pada terjadinya perubahan mendasar terhadap cara orang melakukan komputasi, terutama yang diimplementasikan dalam dunia bisnis. E-commerce merupakan dampak langsung dari munculnya internet, sekaligus merupakan dampak utama efek internal pada dunia bisnis sejak digunakan pertama kali, hingga saat ini internet telah digunakan untuk berbagai keperluan sehingga dalam perkembangannya, internet dapat dikelompokkan menjadi 3 generasi. Pada generasi pertama, internet hanya digunakan sebagai sarana pemasaran belaka. Hal ini ditandai dengan munculnya home page-home page perusahaan yang berisi informasi tentang perusahaan tersebut. Kemudian pada generasi kedua, internet digunakan sebagai sarana transaksi bisnis jual-beli. Hal ini ditandai dengan munculnya situs-situs e-commerce. Selanjutnya pada generasi ketiga, internet digunakan sebagai sarana utama dalam proses bisnis internal ataupun eksternal pada suatu perusahaan.
Toko Jaya Agung adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan bahan bangunan. Sampai saat ini Toko Jaya Agung hanya memiliki sistem interaksi secara manual yaitu tatap muka secara langsung. Dengan kondisi tersebut terdapat beberapa kelemahan, misalnya konsumen harus datang langsung ke Toko Jaya Agung untuk bertransaksi penjualan ataupun sekedar mencari informasi tentang barang-barang yang dijual di Toko Jaya Agung. Hal ini menjadi kendala untuk para konsumen yang jaraknya jauh dari Toko Jaya Agung.
Dari uraian tersebut, maka perlu dibangun sebuah aplikasi e-commerce. Pengembangan aplikasi e-commerce ini berdasarkan pada analisa kebutuhan dari berbagai implementasi transaksi penjualan online. Dilengkapi dengan pencarian (searching)  untuk melakukan pencarian bahan bangunan berdasarkan kategori maupun kata kunci (keyword) melalui search box pada setiap halaman katalog.

1.2  Perumusan Masalah
Rumusan masalah dikemukakan untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah-masalah yang akan dibahas, sehingga memudahkan untuk diteliti. Berdasarkan pada pemikiran latar belakang diatas, dirumuskan bahwa masalah yang akan dibahas di dalam penyusunan laporan kerja praktek ini yaitu bagaimana membuat “Rancang Bangun Sistem Aplikasi E-Commerce pada Toko Jaya Agung” untuk kebutuhan fungsi bisnis Toko Jaya Agung pada proses transaksi penjualan bahan bangunan yang memiliki kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi.

1.3  Batasan Masalah
Batasan masalah digunakan agar pembahasan dalam laporan kerja praktik ini tidak terlalu meluas, maka dari itu perlu adanya pembatasan masalah. Adapun batasan masalah yang dikemukakan adalah sebagai berikut :
a.    Penelitian dan pembahasan pada pembangunan e-commerce untuk transaksi penjualan bahan bangunan di Toko Jaya Agung.
b.    Sistem melayani pembayaran secara online.

1.4  Tujuan Penelitian
Tujuan pembuatan Laporan Kerja Praktek ini adalah dapat membuat rancang bangun sistem aplikasi e-commerce pada Toko Jaya Agung.

1.5  Manfaat Penelitian
a.    Teoritis:
1.    Bagi penulis
Sebagai sarana untuk mengimplementasi ilmu pengetahuan, pengabdian masyarakat dan penelitian sebagai wujud pengamalan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
2.    Bagi STMIK Duta Bangsa Surakarta
Menambah karya ilmiah dan literatur pustaka di perpustakaan STMIK Duta Bangsa Surakarta, serta melaksanakan fungsinya sebagai dimensi intelektual yang menciptakan insan akademis, pencipta dan pengabdi kepada masyarakat.
b.    Praktis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada Toko Jaya Agung dalam membantu pelaksanaan kegiatan bisnis.

1.6  Metodologi Penelitian
1.6.1   Jenis dan Sumber Data
Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder :
1.    Data Primer
Data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer yang didapatkan dari penelitian adalah berupa opini subjek (orang) secara individual dan kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda (fisik), kejadian, kegiatan, dan hasil pengujian. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer yaitu metode survei dan metode observasi.
2.    Data Sekunder
Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder yang didapatkan dari penelitian ini berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter).

1.6.2   Metode Pengumpulan Data
Penelitian memerlukan metode untuk mengumpulkan data yang relevan guna memperoleh data, metode pengumpulan data yang digunakan adalah :
1.    Studi Pustaka
Metode studi pustaka ini dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mempelajari literatur dari bahan-bahan tertulis seperti buku-buku, artikel, dan media lain yang berhubungan dengan pembahasan masalah yang diangkat dalam laporan ini.
2.    Wawancara
Wawancara adalah Adalah suatu metode penelitian dengan mengadakan tanya jawab dengan pihak-pihak yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas. Dalam metode penelitian ini penulis melakukan wawancara kepada Bapak Soedarmadji selaku Kepala Toko Jaya Agung sebagai narasumber dengan draf wawancara yang terlampir.
3.    Observasi
Observasi adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan atau kegiatan yang sistematis terhadap objek yang dituju secara langsung. Dalam metode ini penulis melakukan observasi tentang segala hal yang berkaitan dengan penjualan  bahan bangunan di Toko Jaya Agung.

1.6.3   Metode Pengembangan Sistem
Didalam melaksanakan penyusunan laporan ini, metode pengembangan sistem yang penulis gunakan yaitu metode waterfall yang berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan langkah-langkah dari setiap tahapan yang secara garis besar.
a.    Perencanaan
Perencanaan adalah suatu cara yang dilakukan untuk memikirkan tindakan apa yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan. Dalam hal ini penulis membuat konsep tentang bagaimana membuat sebuah sistem yang akan digunakan, lengkap dengan fasilitas yang menunjang tahap pengembangan sistem serta mendefinisikan segala kebutuhan sumber daya seperti perangkat fisik, manusia, metode (teknik dan operasi), dan anggaran yang sifatnya masih umum guna mengoptimalkan kinerja sistem.
b.    Analisa sistem
Setelah mengadakan survei, langkah selanjutnya yaitu tahap analisa sistem. Adapun langkah analisa sistem:
1.      Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengenali alur laju sistem guna mempermudah dalam mengembangkan sistem lama menjadi sistem baru yang lebih baik dari sistem sebelumnya.
2.      Menganalisis Sistem
Analisis sistem ini bertujuan untuk mengetahui segala kebutuhan,  kelebihan dan kerurangan sistem yang dipakai di Toko Jaya Agung. Pengamatan atau analisa yang telah dilakukan akan dijadikan dasar dalam pembuatan sistem baru sesuai kebutuhan yang diinginkan oleh Toko Jaya Agung.
3.      Membuat Laporan Analisis
Tahap ini merupakan tahapan akhir dimana penulis membuat laporan dari hasil analisisnya.
4.      Alat Bantu Analisis
Alat bantu dalam analisis sistem dapat menggunakan flowchart atau Data Flow Diagram (DAD). Dalam flowchat dikenal dua macam bentuk, yaitu aplikasi flowchart dan program flowchart. Aplikasi flowchar menggambarkan tahapan proses dari suatu sistem. Sedangkan program flowchart menggambarkan urutan-urutan instruksi dari suatu program komputer.
c.    Desain sistem
Desain sistem adalah pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional. Desain sistem berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.
1.      Alat Bantu Desain
1.      Aliran Sistem Informasi (ASI)
Berfungsi untuk memodelkan masukan, keluaran, proses maupun transaksi dengan menggunakan simbol-simbol tertentu. Pembuatan ASI memudahkan pemakai didalam memahami alur dari suatu sistem atau transaksi.
2.      Contex Diagram (CD)
Contex Diagram adalah sebuah diagram sederhana yang menggambarkan hubungan antar entity luar, masukan dan keluaran dari sistem.

3.      Data Flow Diagram (DFD)
DFD adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan darimana asal data dan kemana tujuan data yang keluar darim sistem dimana data disimpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antara data yang tersimpan dan proses yang dikenakan terhadap data tersebut.

1.7  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu     :  Kerja Praktik dilakukan mulai Tanggal 10 Juli s.d 10 September 2012.
Tempat   :  Toko Jaya Agung
Alamat    :  Pelem Gadung, Kecamatan Karang Malang, Kabupaten Sragen

1.8  Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan laporan kerja praktek ini terdiri dari lima bab. Penggambaran secara keseluruhan dari tiap-tiap bab adalah :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini berisi Latar Belakang, Perumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, Dan Sistematika Penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini  menguraikan tentang teori yang melandasi dan berhubungan dengan e-commerce.
BAB III TINJAUAN UMUM
Pada bab ini menjelaskan tentang objek yang diteliti yaitu Toko Jaya Agung
BAB IV PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menggambaran sebuah e-commerce, antara lain: analisis sistem yang meliputi analisa kebutuhan dan kelemahan, perancangan sistem yang meliputi rancangan sistem, desain database, relasi tabel, desain input, desain output, dan desain laporan.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini berisi kesimpulan hasil dari penelitian beserta saran-saran yang bersifat membangun yang berkaitan dengan penelitian ini, untuk pengembangan e-commerce yang lebih baik.

Share this:

1 komentar :

  1. Betway Casino Review & Bonus Code - JtmHub
    Betway has been 동두천 출장안마 in the gambling industry for 강릉 출장안마 more 양산 출장마사지 than 오산 출장안마 30 years. From its inception in 1998, the firm is based in the United Kingdom. The 서울특별 출장샵

    BalasHapus

Ads Top

Flickr

Advertising

 
Copyright © 2014 nocturnalwriter. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates