BREAKING NEWS

Kamis, 15 September 2016

CONTOH PEMBUATAN BAB III (TIGA) TINJAUAN UMUM LAPORAN KERJA PRAKTEK JURUSAN SISTEM INFORMASI



 
CONTOH PEMBUATAN BAB III (TIGA) TINJAUAN UMUM LAPORAN KERJA PRAKTEK JURUSAN SISTEM INFORMASI
BAB III
TINJAUAN UMUM

           3.1. Profil Perusahaan
Toko Bangunan Jaya Agung Sragen, adalah Pusat bahan bangunan yang didirikan pada tahun 1995, berlokasi di Pelem Gadung, Kecamatan Karang Malang, Kabupaten Sragen. Merupakan sebuah toko yang menyediakan pelayanan di bidang penjualan dan distribusi bahan - bahan bangunan.
Toko Bangunan Jaya Agung Sragen sangat mengedepankan kenyamanan berbelanja bagi para pengunjung dengan fasilitas bangunan yang dilengkapi dengan rak display yang elegan, serta pelayanan para staff dan karyawan yang berpengalaman pada bidang atau divisinya masing-masing.
Toko Bangunan Jaya Agung Sragen menyediakan berbagai bahan bangunan yang dibutuhkan oleh setiap konsumen, diantaranya adalah :
Table 3.1 Kategori dan Macam Produk
Kategori Produk
Macam Produk
Aksesoris
Cat

 Bata
Campuran Semen
Pipa

3.2  Visi dan Misi Toko Bangunan Jaya Agung Sragen
Visi :
Menjadi toko bahan bangunan nomor satu di Indonesia.

Misi :
1.      Menyediakan produk bahan bangunan terlengkap.
2.      Mengutamakan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi harapan pelanggan.
3.      Senantiasa up grade terhadap setiap perkembangan zaman seiring laju globalisasi.
4.      Menjunjung tinggi etos kerja, kewajiban, kedisiplinan, loyalitas dan kerjasama guna membentuk sinergi yang sehat dalam internal perusahaan dan mengoptimalkan mutu pelayanan.

3.3  Struktur Organisasi Toko Bangunan Jaya Agung Sragen
Pimpinan pada Toko Bangunan Jaya Agung Sragen adalah pemilik dan perintis toko ini dan yang menentukan arah dan kebijakan jalannya usaha. Yang bertanggung terhadap pengelolaannya adalah manajer yang bertindak sebagai pengelola dan melaporkan kegiatannya kepada pemilik.
Pimpinan
Administrasi
Bagian Distribusi
Bagian
Gudang
Bagian
Produksi
Bagian
Penjualan
 







Gambar 3.1 Struktur Organisasi Toko Bangunan Jaya Agung Sragen
Keterangan :
Garis Lurus : Garis Instruksi
Garis Putus-putus : Garis Koordinasi

3.4  Pembagian Tugas dan Wewenang
Secara umum tugas dan fungsi serta wewenang organisasi dari masing-masing bagian adalah sebagai berikut :
a.       Pimpinan
Pimpinana adalah pemberi instruksi dan kebijakan sekaligus pemilik usaha, Segala keputusan dan kebijakan serta pengawasan jalannya usaha ditentukan olehnya.
b.      Administrasi
Bagian ini melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan urusan keuangan perusahaan, urusan rumah tangga perusahaan serta pengadaan inventaris perusahaan dan juga melakukan pengadaan barang untuk keperluan produksi yang pelaksanaannya bekerjasama dengan bagian penjualan. Dan juga sebagai penghubung antara pemilik kepada semua bagian.
c.       Bagian Penjualan
Bagian ini melakukan kegiatan pendataan barang yang masuk dan keluar dan melayani customer, dan bagian inilah yang akan melaporkan kepada bagian administrasi umum tentang semua hasil transaksi kepada bagian administrasi umum untuk segera diaudit.
d.      Bagian Produksi
Bagian ini melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan urusan produksi barang dari awal bahan mentah sehingga menjadi barang jadi
e.       Bagian Gudang
Bagian ini  melakukan kegiatan penerimaan barang, pengeluaran barang, dan memonitor jumlah keadaan persediaan barang, serta melaporkan kepada bagian administrasi jika persediaan barang tidak mencukupi.
f.       Bagian Distribusi
Bagian distribusi bertugas untuk mentransfer atau melakukan pengiriman barang kepada customer dan melakukan pengambilan barang dari pusat produksi bahan-bahan bangunan.

3.5  Obyek kerja praktik
Metode penjualan yang dilakukan di Toko Bangunan Jaya Agung Sragen masih berjalan dengan sederhana. Data penjualan yang meliputi barang masuk, stok barang dan barang keluar dari bagian produksi, gudang dan distribusi dicatat dan dilayani oleh bagian penjualan menggunakan microsoft access kemudian di print out hasilnya dan diserahkan kepada bagian admministrasi untuk di audit dan diserahkan kepada pimipinan sebagai laporan.





Share this:

Posting Komentar

Ads Top

Flickr

Advertising

 
Copyright © 2014 nocturnalwriter. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates